Monas Meriahkan Google Doodle Hari Ini

Anonymous 04:30
monas
INTIPSDOTME - Monas alias kependekan dari Monumen Nasional ini nyatanya kali ini genap berumur 40 tahun semenjak pertama kali dibuka untuk umum. Monumen bersejarah yang berada di Jakarta Pusat itu menjadi ikon Google Doodle edisi Minggu, 12 Juli 2015 sebagaimana merayakan hari kelahiran monumen tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia yang menyatakan menyebutkan bahwa Tugu Monas ini adalah simbol dari usaha bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan dari Hindia Belanda. Monas dibuat pada jaman Soekarno pada tahun 1961, serta dibuka untuk umum mulai 12 Juli 1975.

Monumen Nasional alias yang terkenal disingkat dengan Monas alias Tugu Monas merupakan monumen peringatan dengan tinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan serta usaha rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, serta dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai pengecap api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat usaha yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak cocok di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen serta museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terbaru setiap bulannya ditutup untuk umum.

Kini, Monas sudah menjadi ikon bangsa Indonesia serta menjadi salah satu objek wisata mutlak Kota Jakarta. Banyak wisatawan baik lokal maupun internasional ingin menyempatkan untuk sekedar melihat-lihat monumen yang sangat bersejarah serta populer ini. Biasanya, pemerintah Kota Jakarta juga melakukan acara-acara penting di lokasi Monas ini.

Monas berdiri kokoh dengan tinggi 132 meter dengan bentuk lingga yoni. Keseluruhan dari bangunan dilapisi marmer. Monas terdiri dari empat tingkatan semacam pengecap api, pelataran puncak, pelataran bawah serta museum sejarah usaha nasional. Ngomong-ngomong, Anda sempat berkunjung ke Monas?

INTIPS.ME Blog Informasi, Kesehatan, Gaya Hidup, Music, Movie, Keuangan, Kencan, Games, Petualangan, Gadget, APK Software, Tips, Trik Terkini dan Terpopuler.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »